Danau / Situ Patenggang

>> Kamis, Februari 11, 2010


Berada pada ketinggian sekitar 1600 m dari permukaan laut, Situ Patenggang memiliki panorama yang memikat. Hamparan hijau kebun teh di sekitarnya laksana karpet alam, ditambah lagi dengan udara yang dingin dan bersih serta matahari yang hangat, memberi kesan damai dan ketenangan sendiri bagi pengunjungnya.

Danau Patenggang atau lebih dikenal dengan nama Situ Patenggang oleh masyarakat setempat, menempati areal seluas 150 Ha. Dulunya kawasan ini merupakan kawasan cagar alam atau taman nasional, namun pada tahun 1981 telah resmi berubah menjadi sebuah taman wisata.


Untuk menikmati objek wisata ini terdapat fasilitas perahu yang bisa disewa untuk mengelilingi sebuah pulau kecil yang berada dibagian tengah danau yang bernama Pulau Sasuka. Pulau ini tampak rindang dengan banyaknya pohon-pohon tinggi yang tumbuh didalamnya. Sementara diseberang danau terdapat lokasi yang cukup menarik yang diberi nama Batu Cinta yang konon dipercayai akan memberi kelanggengan cinta bagi pasangan yang datang berkunjung kelokasi tersebut.

Perahu yang tersedia ini cukup banyak jumlahnya, dan dalam kondisi yang bagus atau terawat. Warna perahu yang cerah cukup kontras atau menyolok sekali dengan lingkungan sekitarnya yang didominasi warna hijau. Fasilitas sarana transportasi air yang disewakan di tempat ini berupa penyewaan perahu dayung, perahu boat dan sepeda air dengan harga yang masih bisa dinegosiasikan dengan pemiliknya. Terdapat pula fasilitas gazebo maupun tempat-tempat duduk tanpa atap yang terbuat dari semen untuk keperluan menikmati panorama sekitar dari tepi danau. Urusan makananpun bukanlah suatu hal yang sulit dikarenakan banyaknya warung penjual makanan yang berderet dekat dengan areal parkir.

Untuk menuju kawasan ini tidaklah sulit. Karena sudah ada jalan aspal sampai menuju kawasan tersebut. Bahkan jika tidak membawa kendaraan, bisa juga menggunakan fasilitas angkutan umum dari terminal Ciwidey dengan tariff sekitar Rp. 5.000,- perorang termasuk tiket masuk (tiket masuk perkepala Rp. 1.000,-). Hal ini akan berbeda jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi (baik roda 2 maupun roda 4) atau dengan menggunakan bis rombongan. Kondisi jalan yang sudah rata (diaspal), mempermudah pengunjung untuk datang ke kawasan tersebut. Disepanjang jalan menuju Situ Patenggang terpampang hamparan hutan dan kebun tehnya. Perkebunan strawbery juga banyak ditemui selama perjalanan. Umumnya perkebunan strawbery tersebut menyediakan fasilitas bagi pengunjung untuk memetik sendiri buah strawberry dari pohonnya yang ditanam pada kantong-kantong plastik.

Legenda ...

Kawasan ini memiliki sebuah legenda sehingga muncul nama Situ Patenggang. Sejarah atau mitos tentang Situ ini muncul ke permukaan disebabkan karena seorang pangeran dan seorang putri yang saling jatuh cinta. Namun perjalanan cinta mereka tidak semulus dan seindah yang dibayangkan oleh keudanya karena dipisahkan oleh keadaan. Sehingga air mata mereka membentuk sebuah situ atau danau. Selanjutnya danau itu dinamai dengan situ patenggang yang diambil dari kata pateangan-teangan yang berasal dari bahasa sunda yang artinya saling mencari-cari. Pada akhirnya mereka dapat berkumpul kembali pada sebuah batu di situ tersebut yang diberi nama batu cinta. Konon siapapun yang pernah berkunjung dengan pasangannya, maka cinta mereka akan abadi.


Sumber : navigasi.net

39 komentar:

Alrezamittariq Kamis, Februari 11, 2010 9:10:00 AM  

pertamax...
wah ini khan danau kenangan aku dan istriku...huehuehue

sda Kamis, Februari 11, 2010 12:05:00 PM  

sip...belum pernah kesana nih...
adem lihat pic-nya.

narti Kamis, Februari 11, 2010 12:06:00 PM  

kalau legenda tuh banyak konon katanya yah...hehe...

Victorlee.wt Jumat, Februari 12, 2010 1:44:00 PM  

Friend accepted. (: do visit me back and keep in touch.

☼►100ABC Blog◄☼ Sabtu, Februari 13, 2010 5:26:00 AM  

Tepatnya dimana ya?
Tapi kalo ngeliat bahasanya sih sepertinya di daerah Sunda ya?

harto Sabtu, Februari 13, 2010 8:56:00 AM  

waaah asyiiik niih, aku pernah kesana ama keluarga. muantabbb suejuk, dingin, bersiiih, serasa damai dunia ini.

pakde sulas Sabtu, Februari 13, 2010 10:58:00 AM  

kalau pakde belum pernah kesana, karena namanya juga baru dengar sekarang, maklum kuper dan dompet cupet he he he..

pakde sulas Sabtu, Februari 13, 2010 11:00:00 AM  

kalau pakde belum pernah kesana, karena namanya juga baru dengar sekarang, maklum kuper dan dompet cupet he he he..

SyahidaComputer Sabtu, Februari 13, 2010 2:10:00 PM  

Kelihatannya sangat indah sekali, jadi pingin kesana, jauh pa ndak yah ...

Rock Minggu, Februari 14, 2010 8:07:00 AM  

Keren nich tempatnya...

Warna Tulisan Rabu, Februari 17, 2010 8:07:00 AM  

tempat yang indah dengan sejarah yang menarik. Nice posting. Salam

Claudia Lawrence Rabu, Februari 17, 2010 9:39:00 PM  

Hi, ur blog is really nice, while reading ur blog I truly like it. I just wanna suggest that u should go for blog advertising & marketing there is a site which is offering very unique features at affordable prices there are expert advertising team who will promote ur blog & affiliate ads through all over the networks which will definitely boost ur traffic & readers. Finally I have bookmarked ur blog & also shared this blog to my friends.. i think my friend might too like it hope u have a wonderful day & !!happy blogging!!.

Teroris Cinta Kamis, Februari 18, 2010 8:23:00 AM  

mantab buat penyucian jiwa.....ditunggu yang lebih nyos lagi ok....Visit Me n Give comment

Mizan Kamis, Februari 18, 2010 7:38:00 PM  

keren sob... slama ini cuma pernah denger namanya doank.. baru kali ini liat pic-nya.. (eh itu beneran kan??? ^^)

tomo Kamis, Februari 18, 2010 8:30:00 PM  

Salah satu tempat pariwisata kebanggaan bangsanitye

catatanku.info Sabtu, Februari 20, 2010 10:51:00 AM  

situpatenggang bukan?

gambutku Selasa, Februari 23, 2010 3:33:00 PM  

jd ingin kesana. tapi nuggu dah punya uang n waktu luang.:D

Ghostech Rabu, Februari 24, 2010 1:29:00 PM  

singgah dolo ah ...
ademnya .....

ghostech Rabu, Februari 24, 2010 1:45:00 PM  

sungguh indah indonesiaku ...

Nadine Kamis, Februari 25, 2010 4:50:00 PM  

seger ya disana

kartu kredit Kamis, Februari 25, 2010 5:50:00 PM  

wah, pemandangannya mantaffft

ame Jumat, Februari 26, 2010 2:14:00 PM  

kapan hari aku kesini dan foto2 ^^ tapi ga naik perahunya.. habis ga rame2 perginya.. wkwkkw ^^

kenwooi Senin, Maret 01, 2010 12:54:00 PM  

the place looks nice and relaxing =)

kenwooi.com

akhatam Senin, Maret 01, 2010 2:53:00 PM  

Wah kayaknya danaunya masih bersih ya... Indah banget kalau gitu... Tx sob infonya!

seo blog Minggu, Maret 07, 2010 12:11:00 PM  

kalau danau ini penuh kenangan ne

tomo Rabu, Maret 17, 2010 6:22:00 PM  

Danau nan indah.Tapi aku belum oernah ke situfrithoes

impotenta Senin, April 26, 2010 10:18:00 PM  

Thanks very much :)

Yudi Minggu, Mei 16, 2010 9:59:00 PM  

Wah....indah banget danaunya .....
mantap.....pengen kesana jadinya ...salam kenal sob dari http://ketapang-insight.blogspot.com/

Lydia Kamis, Mei 20, 2010 4:35:00 PM  

Hi, nice blog & good post. You have beautifully maintained it, you must try this website which really helps to increase your traffic. hope u have a wonderful day & awaiting for more new post. Keep Blogging!

Magazine Template Kamis, Agustus 05, 2010 2:46:00 AM  

wow, artikel ny berguna bgt nih sob.. cocok bgt bwt mnmbh wawasan ku seputar tema ini..

sob, mengingt blog ni sngt bermanfaat bgt q.. tukeran link yok!!

link blog kamu sudah terpasang di blogku, link balik yach :) silahkan di liat di blogku!!

ntar pasang link ku dengan anchor text "Magazine Template" yach,

dan jdi follower q juga y, siapa thu aja dgn kehadiran blogger se-hebat kamu, blog ku bisa
sedikit rame dan berwibawa gtu.he3

ntar secara berkala q bakal sering-2 silaturahmi kesini..

d tunggu kehdirannya yach :D

salam dari blogger indonesia setengah bule.he3

makasih..

Download Ebook Gratis | cara-blog | kumpulan bisnis online Minggu, Agustus 15, 2010 11:48:00 PM  

thanks bro for this information, visit back to download ebook gratis, please =p

Seminyak Bali villas Kamis, September 09, 2010 1:37:00 PM  

baru pertama kali saya mendengar tempat wisata ini. sepertinya menarik sekali untuk di kunjungi

bolang Senin, Oktober 18, 2010 10:32:00 PM  

pingin nih kesana

cedrico Kamis, November 04, 2010 2:42:00 PM  

belum pernah kesini sih .. cuma kyana adem ngt .. mauuuuuuuu :)

tiket pesawat murah Kamis, Desember 30, 2010 10:52:00 AM  

wow, indah sekali, jadi kepingin terbang kesana naik pesawat tuch..

sibutiz Sabtu, Januari 15, 2011 10:05:00 AM  

wach,indah banget ya...
pingin juga kesana....

hrdjoe Senin, Januari 17, 2011 1:11:00 PM  

wah indahnya,,jadi pengen kesana nih sob,,,

saya Kamis, Januari 20, 2011 11:46:00 PM  

kangen pengen kesini lagi :(( lam kenal kawan..komeng2 yahhh

Anderista Jumat, April 22, 2011 10:53:00 PM  

wahhhh............. terima kasih infonya kapan - kapan aku mw ksana rek....... trus your site is very interest.......... salam kenal

Blog Widget by LinkWithin

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP